Cara Memilih Mobil Bekas Berkualitas dan Performa Prima

Cara memilih mobil bekas berkualitas yang memiliki performa prima tidak sulit bagi yang sudah pengalaman. 

Bagaimana jika ini adalah pengalaman pembelian pertama Anda ? Itu pun tidaklah sesulit merakit roket.

Setelah menyelesaikan membaca seluruh postingan ini. Anda dapat dengan mudah mengetahui bagaimana caranya. Sehingga, tidak perlu khawatir lagi soal resiko kerugian, seperti tidak tahan lama dan harus bolak balik masuk bengkel untuk melakukan servis.

Memilih Mobil Bekas Berkualitas dan Performa Prima
Foto:usedcar.autobild
Sebagai konsumen, Anda tentu memiliki hak untuk memiliki banyak pertimbangan dan memiliki keleluasaan untuk melakukan seleksi ketat sebelum akhirnya benar-benar memutuskan untuk melakukan pembelian mobil bekas dari penjualnya.

Sebagian besar konsumen berpengalaman, selalu menggunakan beberapa pertimbangan dalam menyeleksi mobil bekas yang akan dibeli.

Cara ini juga bisa Anda terapkan selama melakukan pencarian mobil second yang dijual di showroom-showroom atau pada website jual mobil bekas terpercaya.

Untuk mengetahui atau mengecek bagaimana kualitas dari sebuah mobil bekas yang di jual pada showroom maupun website jual beli mobil online, Anda bisa menggunakan beberapa pertimbangan diantaranya adalah penjualnya, mereknya, harganya, eksteriornya, dan interiornya.

Sementara kinerja atau performa sebuah mobil bekas dapat Anda ukur dengan melakukan pengecekan pada sisi Km-nya, tahun pembuatan, dan mesin.

Untuk membantu Anda agar benar-benar mendapatkan pilihan mobil bekas yang tepat berkualitas bagus, postingan ini akan membahas semua pertimbangan tersebut secara satu persatu, jadi pastikan Anda dalam posisi santai, dan silahkan teruskan membaca.

Siapa Penjual Mobil Bekas yang akan Anda Pilih ?

Mungkin ada banyak agen atau penjual mobil bekas yang ada disekitar lokasi Anda tinggal, dan Anda memiliki kebebasan dalam menentukan pilihan.

Meski demikian setiap konsumen pintar dan berpengalaman selalu memilih penjual mobil bekas yang juga berpengalaman dan terpercaya.

Agar Anda benar-benar mendapatkan sebuah mobil bekas bagus kinerja handal, setiap penjual mobil bekas berpengalaman yang terpercaya selalu melakukan seleksi ketat dan melakukan sejumlah tes panjang, serta perbaikan jika memang diperlukan sebelum akhirnya menjual produk mobil bekas mereka pada setiap konsumennya.

Jadi ketika Anda ingin membeli mobil bekas di showroom-showroom pastikan memilih penjual berpengalaman yang benar-benar sudah paham terhadap produk yang mereka jual sendiri yang mengedepankan kepentingan konsumen.

Jika pembelian dilakukan secara online, untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas Anda juga tetap perlu memilih penjual online yang terpercaya dan berpengalaman.

Penjual online terpercaya selalu menampilkan mobil bekas yang mereka jual dengan baik mulai dari kelengkapan fotografi, deskripsi mobil yang rinci, detail dan lengkap.

Beberapa penjual terpercaya di website jual mobil online juga biasanya mendapatkan ratting bintang yang baik sekala 4 hingga 5 bintang. Dan yang terakhir mereka juga biasanya mendapatkan testimoni positif dari setiap pembelinya.

Apa merek mobil bekas yang akan Anda pilih ?

Anda juga tetap perlu mempertimbangkan merek mobil bekas atau produsennya. Pemegang merek populer dan besar, biasanya benar-benar berpengalaman dalam menciptakan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan setiap pengendaraanya.

Merek-merek besar populer selalu menciptakan sebuah kendaraan yang memiliki kinerja handal, tahan lama, dan benar-benar aman. Menariknya, konsumen di Indonesia sendiri saat ini dipastikan tidak akan mengalami banyak kesulitan untuk mendapatkan lebih dari satu pilihan merek mobil bekas ternama, seperti Toyota, Honda, Suzuki dan masih banyak lagi.

Perhatikan harga mobil bekas yang ditawarkan oleh penjual 

Harga juga menentukan kualitas dari mobil bekas itu sendiri, dan setiap penjual mobil bekas berpengalaman selalu memberikan penawaran harga yang sesuai dengan kualitas mobil yang mereka jual.

Jangan tergesa-gesa mengambil keputusan membeli karena jika anda mendapatkan penawaran harga mobil bekas murah.

Anda perlu melakukan perbandingan harga di pasar, berapa harga pasaran sebuah mobil bekas yang ingin Anda beli di pasaran.

 Jika harga mobil berbeda dengan harga dipasaran atau lebih murah itu bisa jadi keuntungan Anda atau malah sebaliknya.

Agar Anda tidak merasa dirugikan, ketika mendapatkan harga mobil di bawah pasaran, Anda perlu melakukan kroscek ketat terhadap kondisi mesin mobil dan kelengkapan surat.

Bagaimana kondisi eksteriornya 

Untuk mendapatkan mobil bekas yang memiliki eksterior berkualitas, Anda perlu melakukan kroscek.

Caranya pun tidak sulit, pertama, cek kondisi cat mobil bekas yang ingin Anda beli. Apakah catnya masih asli atau mobil sudah mendapatkan cat ulang.

Cat mobil bekas asli biasanya terlihat wajar dan mengkilat, namun jika cat mobil terlihat tidak wajar dan kusam, Anda perlu curiga mungkin saja mobil tersebut pernah mengalami tabrakan parah.

Kedua, cek bagaimana kondisi ban mobil bekas yang ingin Anda beli. Anda bisa memilih untuk membeli mobil bekas yang kondisi ban masih baik, bukan ban yang baru saja diganti, melainkan ban asli bawaan mobil tersebut.

Mobil bekas dengan ban asli yang masih terjaga, membuktikan bahwa pemilik mobil sebelumnya mampu mengendarai mobilnya dengan benar.

Ketiga, ketahui juga bagaimana kondisi semua kaca luar mobil, pastikan masih mulus, tidak ada goresan atau retak.

Keempat, cek kondisi bagian bawah mobil. Mobil bekas berkualitas biasanya tidak memiliki bekas tambalan di bagian bawahnya.

Interior

Mobil bekas dengan interior berkualitas dipastikan akan memberi keuntungan untuk anda. Satu-satunya keuntungan yang paling bisa anda rasakan adalah, Anda benar-benar mendapatkan kenyaman selama berada di dalam, saat mengendarai mobil bekas tersebut.

Kenyaman di sini dapat diukur dengan melakukan cek bagaimana kondisi kursi penumpang, setir kemudi, tuas transmisi, pedal gas, rem, kopling dan masih banyak lagi.

Usahakan memilih membeli mobil bekas yang masih orisinil, dan semua perlengkapan di dalam kendaraan masih berfungsi dengan baik, termasuk fitur pengaman.

Pastikan Anda juga melakukan hingga seluruh bagian bawah karpet, pastikan anda tidak memilih mobil bekas yang berkarat di bagian bawah karpetnya, karena bisa saja mobil tersebut adalah mobil bekas kebanjiran.

Mengutip dari cnaf.co.id, Syafei, kepala bengkel Plaza Toyota Tendean, menambahkan "jangan sungkan agar Anda benar-benar dapat menentukan mobil bekas berkualitas tidak ada salahnya untuk mengajak mekanik".

"Minta bantuan mekanik untuk melakukan kroscek pada bagian junction box yang ada di balik dashboard di penumpang depan. Mekanik dapat mengetahui bagaimana kondisi kabel-kabel yang ada di bagian tersebut".

Menurut Syafei, "jika yang akan Anda pilih ternyata mobil bekas banjir, biasanya kabel-kabel masih menyimpan kotoran dari air banjir. Warna lapisan kabel pun berbeda antara kabel yang sudah berumur dengan kabel yang pernah terendam banjir".

Setir kemudi juga perlu Anda lakukan kroscek, mobil bekas yang memiliki kondisi baik biasanya sangat nyaman, tidak terasa lari ke kanan dan ke kiri saat dikemudikan.

Jika Anda merasakan permasalahan ini selama melakukan pemilihan dan test drive, bisa jadi setir kemudi mobil bekas yang akan anda pilih tersebut tidak lurus, mungkin saja rusak, atau mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan berat.

Jika serangkaian kroscek tersebut sudah Anda lalui selama melakukan pemilihan mobil bekas, dan, sudah mendapatkan sedikit gambarannya, maka langkah selanjutnya yang perlu juga Anda pertimbangkan agar Anda mendapatkan pilihan mobil bekas berkualitas bagus performa terbaik adalah sebagai berikut :

Kilometer mobil bekas 

Mempertimbangkan kilometer mobil bekas yang akan dibeli selalu dilakukan oleh konsumen berpengalaman. Satu-satunya alasan utama adalah untuk mengetahui jarak tempuh atau berapa Kilometer yang sudah dilalui oleh mobil tersebut .

Pengecekan bisa anda lakukan dengan melihat Odometer mobil, pastikan anda memilih mobil yang jarak tempuhnya kurang dari 100 ribu km. Karena, berdasarkan mobilku.org "setiap mobil yang jarak tempuhnya sudah mencapai 100 ribu km biasanya sudah kehilangan performa idealnya".

Pada jarak tempuh ini, mobil-mobil sudah seharusnya turun mesin, komponen mobil bekas mulai aus, dan masih banyak lagi kerusakan lainnya.

Masih berdasarkan mobilku.org, pengguna normal mobil pribadi di Indonesia biasanya menempuh jarak maksimal 20 Km pertahun. Jadi jika dalam setahun ternyata Km mobil masih di bawah 15 s.d 20 Km, ini artinya mobil bekas yang anda pilih tersebut dipastikan jarang dipakai oleh pemilik sebelumnya.

Dalam memilih mobil bekas berkualitas maka yang perlu dipertimbangkan adalah, keseimbangan jarak tempuh mobil dengan tahun pembuatan mobil.

Sebagai contoh, sebuah mobil dengan usia 5 tahun maka batas Km pemakaian wajarnya adalah 75 ribu Km. Nah setelah Anda hitung dengan tahun pembuatannya ternyata odometer nya masih 45 Km, maka mobil tersebut jarang digunakan dan memiliki kualitas usia hidup yang masih panjang.

Meski demikian Anda juga tetap perlu melakukan kroscek lebih jauh, jangan hanya terpaku pada Odometer. Untuk mengetahui asli atau tidaknya angka Kilometer pada odometer, anda bisa melakukan pengecekan manual.

Melakukan penelusuran jejak servis mobil bekas yang anda pilih, jika terjadi kejanggalan anda dapat mengetahuinya dengan mudah. Misal terakhir servis 95000 km ternyata ketika dijual angka odometer menunjukan 60000 Km. Anda perlu curiga bahwa odometer tersebut telah disetting oleh penjualnya.

Penulusuran ulang selanjutnya dengan melihat kode produksi ban. Jika si penjual mengatakan 30 ribu km, beli tahun 2012. Ternyata ban standar telah ganti dengan kode produksi baru tahun 2014. hal tersebut juga perlu diperhatikan, karena ada kejanggalan apalagi semua ban diganti, jangan-jangan telah mencapai lebih dari 45.000 km.

Tahun pembuatan 

Pertimbangan selanjutnya agar Anda dapat memilih dan memiliki mobil bekas berperforma prima, maka anda juga perlu mempertimbangkan tahun pembuatan. Semakin muda tahun pembuatan atau mobil tersebut diproduksi, maka sudah dapat dipastikan kinerja mobil juga masih dalam kondisi prima.

Mesin mobil bekas 

Jika ini adalah pengalaman pertama Anda dalam membeli mobil bekas, maka agar dapat memilih mobil bekas dengan kondisi mesin yang baik, anda bisa meminta bantuan sorang mekanik.

Namun jika anda tetap ingin melakukan pemilihan sendiri, maka sedikitnya ada 11 tahapan pemeriksaan yang harus benar-benar Anda lakukan sebelum akhirnya memutuskan apakah mesin mobil bekas yang ingin anda beli masih layak.

Mulai dari pemeriksaan kondisi fisik mesin, pemeriksaan tali kipas mesin, pemeriksaan radiator, pemeriksaan oli pada dipstick, pemeriksaan aki, pemeriksaan indikator pada dashboard dengan menyalakan mesin bersamaan apakah semua masih berfungsi dan menyala, dan silahkan membaca semua tahapan pemeriksaannya di sini.

Sekarang Anda sudah mengetahui apa saja pertimbangan-pertimbangan yang perlu dipergunakan agar dapat menentukan pilihan sebuah mobil bekas berkualitas yang memiliki performa handal. Dan terakhir, jangan lupa juga lakukan test drive sebelum akhirnya anda benar-benar memutuskan untuk melakukan pembelian pada sebuah mobil bekas yang sudah anda tentukan.

No comments:

Post a Comment