Kelebihan dan Kekurangan Beli Mobil Bekas Online

Meskipun semua jumlah uang dalam tabungan anda memungkinkan anda untuk membeli dan memiliki sebuah mobil baru, tapi, anda tetap memilih untuk menyisihkan sebagian uang tabungan tersebut untuk keperluan penting lainnya, dan memilih untuk membeli mobil bekas berkualitas. Itu adalah salah satu pertimbangan yang tepat.

Kelebihan dan Kekurangan Beli Mobil Bekas Online

Untuk dapat membeli sebuah mobil bekas yang berkualitas dengan performa prima caranya tidaklah sulit. Pertama, anda dapat melakukan pembelian mobil second dengan berkunjung ke satu showroom ke showroom lainnya yang ada disekitar tempat anda tinggal. Kedua, mobil bekas juga dapat anda beli di internet (online).

Jika anda lebih menyukai cara kedua, maka tetaplah bersama saya di sini, dan pastikan anda dalam posisi santai untuk menyelesaikan membaca postingan ini hingga selesai. Karena, saya akan mengungkap 10 kelebihan dan 3 kekurangan yang akan anda peroleh ketika anda memilih untuk beli mobil bekas di internet (online).

Mengutip dari merdeka.com, sedikitnya ada 6 keuntungan utama yang pasti diperoleh oleh semua pembeli mobil bekas, mulai keuntungan atau kelebihan dari segi harga, fungsi, kecepatan, ekonomis, finansial dan penyusutan nilai.

Nah, selain anda tetap akan mendapatkan keuntungan utama di atas, dengan memilih untuk beli mobil bekas online, anda juga akan mendapatkan kelebihan atau keuntungan tambahan dengan sedikit resiko, diantaranya sebagai berikut :

1. Menghemat biaya transportasi

Agar dapat membeli mobil bekas berkualitas dengan cara offline, anda pastinya akan menggunakan kendaraan untuk mengunjungi showroom-showroom yang ada di sekitar tempat anda tinggal. Hal ini tentunya membuat anda perlu mengeluarkan ongkos tambahan seperti membeli bensin untuk keperluan transportasi.

Berbeda ketika anda melakukan pembelian melalui internet. Anda hanya cukup memastikan perangkat gadget anda dapat terhubung ke internet, untuk selanjutnya mulai melakukan pencarian dan memilih mobil bekas, dengan berkunjung ke website atau showroom online satu, ke showroom penjual mobil bekas online lainnya.

2. Menghemat waktu

Jika pembelian dilakukan melalui showroom offline maka anda harus mengunjungi satu persatu demi mendapatkan mobil bekas berkualitas, jarak showroom satu dengan yang lainnya juga mungkin sangat jauh, anda mungkin akan menghabiskan waktu lebih dari sehari demi mendapatkan mobil second terbaik. Dengan membeli melalui internet, anda cukup membuka browser baru dan dapat  berkunjung atau berpindah ke website mobil bekas lainnya hanya dalam hitungan detik.

3. Pelayanan konsumen 24/7

Tidak semua showroom offline buka satu hari penuh, begitu juga dengan pelayanan konsumennya. Namun, selagi perangkat anda terhubung dengan internet, website mobil bekas online bisa anda kunjungi kapan saja. menariknya, website penjual mobil second terpercaya juga menyediakan layanan konsumen 24 jam dalam seminggu.


4. Kemudahan melakukan perbandingan harga

Perbandingan harga juga mungkin mudah dilakukan ketika pembelian mobil bekas dilakukan secara offline, tapi tetap saja anda perlu mengunjungi semua showroom satu persatu untuk mendapatkan penawaran harga terbaik. Namun, harga mobil bekas dapat anda bandingkan dengan mudah di internet, karena anda cukup membuka dua atau lebih dari tiga website mobil bekas online dan selanjutnya dapat mengetahui berapa masing-masing harga penawaran mobil bekas yang sama yang ingin anda beli.

5. Lebih nyaman

Dalam melakukan pencarian mobil bekas di internet sebelum akhirnya anda benar-benar melakukan pembelian, anda tidak perlu khawatir tentang cuaca hujan, panas atau bahkan macet. Karena pencarian dan pembelian bisa anda lakukan tanpa harus keluar rumah, dan bahkan anda dapat melakukan pencarian dan pembelian mobil di kantor, di sela-sela waktu istirahat kerja di pantry kantor anda dengan perangkat gadget canggih anda.

6. Mendapatkan pilihan lebih banyak

Dari segi pilihan, website atau showroom mobil bekas online juga tidak kalah dalam menawarkan variasi pilihan merek mobil bekas untuk anda. Menariknya, anda juga bisa mengetahui dan mendapatkan pilihan merek mobil bekas yang sama dari wilayah yang berbeda tanpa perlu anda berkunjung ke wilayah tersebut. Salah satu keuntungannya, mungkin harga merek mobil bekas yang ada di wilayah lain ditawarkan lebih murah dibandingkan dengan harga lokal.

 7. Lebih hemat 

Berdasarkan indonesiautosblog, “Carwow, salah satu toko mobil bekas dan baru online terpercaya, menjelaskan bahwa membeli mobil di toko online tersebut sanggup menghemat ratusan poundsterling daripada membeli mobil ke dealer (offline)". "Carwow juga mengungkapkan bahwa pihaknya berhasil menghemat uang pelanggan lebih dari 20 juta pound sterling atau setara dengan Rp 395 miliar (Kurs: Rp 19.752 per pound sterling).”

8. Hemat energi 

Selain bahan bakar untuk keperluan transportasi, anda juga membutuhkan energi agar dapat melakukan kunjungan ke showroom-showroom mobil bekas di sekitar tempat anda tinggal. Berpindah ke satu showroom ke showroom lainnya akan membuat energi anda terkuras, dan tidak sedikit calon pembeli mobil bekas kecewa karena telah menguras energi untuk melakukan kunjungan, namun sayang mobil bekas yang mereka ingin beli tidak tersedia di showroom yang mereka kunjungi.

Berbeda halnya jika anda melakukan pembelian mobil bekas online, anda cukup mengambil posisi santai dengan perangkat gadget anda yang sudah terkoneksi dengan internet, lalu memulai pencarian mobil bekas berkualitas sambil menikmati secangkir minuman dingin atau hangat.

9. Mudah 

Khusus bagi anda profesional, karywan swasta, pegawai, atau bahkan pengusaha dapat membeli mobil bekas online dengan mudah melalui perangkat gadget anda baik melalui smartphone ataupun tablet anda. Saat ini website mobil bekas online manawarkan pengalaman pengguna yang benar-benar nyaman, mulai dari tampilan website yang benar-benar responsif, loading website super cepat, serta fitur kontak yang canggih.

Website penjual mobil bekas terpercaya yang canggih mampu menampilkan semua informasi mobil bekas yang ingin dibeli secara rinci dan jelas ke perangkat gadget anda, dan tentunya tanpa perlu khawatir loading web yang lama. Fitur kontak yang sudah disesuaikan dengan perangkat smartphone atau tablet, juga memungkinkan anda dapat melakukan panggilan untuk memulai pembelian dari penjual mobil bekas dengan cepat dengan cara mengklik tombol atau icon telp yang akan secara otomatis terhubung ke fitur panggilan pada smartphone atau tablet anda. Selain itu pilihan fitur kontak lain juga tersedia, mulai dari BBM, WhatsApps, dan masih banyak lagi.


10. Bergengsi 

Meski mudah, namun masih banyak sebagian kecil konsumen yang enggan melakukan pembelian secara online, alasannya pun beragam, mulai dari "takut penipuan" atau mereka memang bener-benar tidak tahu cara memanfaatkan perangkat gadget yang mereka miliki.

Namun bagi anda yang memilih membeli mobil bekas secara online, tentu memiliki nilai prestisius tersendiri. selain anda dipastikan adalah seorang yang tidak gaptek, anda juga terbukti dapat memanfaatkan kemajuan teknologi pada perangkat gadget anda dengan maksimal untuk kebutuhan dan kepentingan anda. Karena, pada dasarnya smartphone selain untuk keperluan browsing, chatting , game, dan social media, juga dapat anda maksimalkan sebagai sarana penunjang bisnis dan transaksi online anda.

Nah anda sudah mengetahui kelebihan yang pasti anda dapatkan ketika beli mobil bekas di Internet (Online). Meski demikian pembelian di Internet juga memiliki kekurangan, berikut salah satu kekurangan beli mobil bekas online :

1. Membutuhkan kuota data 

Kuota paket data adalah salah satu modal utama yang perlu anda miliki ketika ingin melakukan pencarian dan pembelian mobil second di Internet. Kuota data (koneksi) ini berfungsi membuat perangkat gadget anda dapat terhubung ke internet untuk selanjutnya mengunjungi atau mengakses semua website penjual mobil bekas online yang ada di Internet.

2. Membutuhkan perangkat gadget

Untuk dapat mengakses semua informasi mobil bekas yang di jual di Internet, anda membutuhkan sebuah perangkat gadget yang benar-benar mendukung, seperti smartphone (handphone pintar) atau tablet. Laptop dan Personal Computer (PC) juga bisa digunakan untuk melakukan pembelian mobil bekas online.

3. Tidak dapat melihat mobil bekas secara langsung

Jika pembelian dilakukan secara offline melalui showroom-showroom yang ada disekitar tempat anda tinggal, anda dapat melihat mobil bekas secara langsung untuk mengecek kondisi dan performa mobil tersebut.  Tapi, jika pembelian melalui website penjual mobil bekas, anda hanya akan mengetahui kondisi mobil bekas secara detail berdasarkan foto produk dan rincian deskripsi yang tersaji pada masing-masing website mobil bekas online tersebut. Jadi jika ini adalah kali pertama anda berencana beli mobil second online, sebaiknya anda simak tips bagaimana beli mobil bekas online.

No comments:

Post a Comment